Trik mancing ikan tombro

Kolam yang airnya warna hijau, artinya air yang tidak lancar sirkulasinya.   Bahkan mungkin air yang tidak jalan sirkulasinya.  Kalau sirkulasi tidak jalan, maka sisa umpan mengendap banyak, lumut dan tanah serta lumpur di dasar empang banyak. Jika demikian, maka umpan yang jatuh ke dasar kolam akan “tertelan” oleh :

  • banyaknya lumpur
  • bau-nya dasar kolam
  • sisa umpan dan kotoran lainnya

Untuk itu, maka perlu umpan yang bisa menyaingi kondisi tersebut, dengan cara menambahkan banyak pewangian dan essence-essence, namun ramuan essence dan wewangian ini, formulasi dan jumlahnya, berbeda untuk setiap kolam.  Makanya, harus banyak mencoba, di tempat yang sama, kalo bisa dilapak yang sama 4 atau 5 kali mancing disitu, coba-coba formulasi umpan.  Air warna hijau pekat, tidak ada sirkulasi, tidak pernah dikuras trus tiap hari dipake buat mancing. Emang kalo kondisi empang kaya begini Ikan pada mabok and susah makan. Pernah ane ikut lomba di empang ini, dapet juara total, itupun cuma 6 ekor. Umpan yg gw pake:

  1. umpan Kang ito-Pandan
  2. dancow 1 sachet
  3. deho 1klg
  4. telor bebek 2btr
  5. kroto 1 ons
  6. trus gw tambahin essece amis secukupnya (choya & tuna)

Pagi menjelang siang (cuaca cerah)

- Jam 08 s.d 11.30 : Ikan cenderung rakus memakan umpan , kita siapkan umpan beraroma amis (umpan ini disukai ikan mas diwaktu pagi) karena aroma amis sangat digemari oleh ikan mas…bila cuaca masih keadaan panas pakai umpan yg beraroma amis trus…usahakan agar lempar umpan dlm 1 spot saja (jng ditinggalkan), penggunaan umpan amis ini hanya sampai waktu antara jam 08.00 s.d jam 02.30 siang..!

 Pagi menjelang siang (cuaca mendung dan mau hujan)

- Jam 08 s.d 11.30 : Ikan cenderung kurang makannya, siapkan umpan yg beraroma harum (wangi)…jng pake umpan yg amis…krn hawa amis akan pudar bila cuaca mendung dan apalagi hujan…bila ada umpan dr umbi2an siapkan tuk mencari ikan super/babon..menurut mengamatan ak…relatif hampir 75% ikan super gemar makan umpan yg dr umbi2an (warna kuning)

 Bila kita ketahui waktu2 tertentu dr keadaan alam baik panas or hujan…kita siapkan umpan dlm bentuk jenis umpan :

Siapkan umpan :

- Amis (tambahan deho)

- Wangi (tambahan pandan)

- Umbi2an (biasanya aromanya sedikit wangi) itu sedikit trik or info yg menurut pengamatan ak yah…kl sedikit meleset maaf yg sebesar2nya apalagi buat para pakar pancing… mudah2an ada manfaatnya

Kolam itu ada yang airnya mati dan jalan ( ngalir ), yang saya tau untuk air mati harus berbau amis ( ngga harum ) dan untuk air yang ngalir itu biasa saya pake yang bau nya enak ( ngga hambar ato harum ), dan untuk ikan super biasanya akan cepet makan apabila ada berbau daun pandan.

Untuk mata kail..pake yg no 4 and 5 saja…pilih yang bermerek and biasa dipakai oleh pemancing2 and pakar2 karena setiap pemancing pasti berbeda merk pancing…!!!

Tips sedikit buat mata kail :

  • Tuk penggunaan mata kail buat mancing ikan mas..pergunakan no. 4 and 5
  • Pilih yang mermerk and kuat…usahakan cari mata kail yg ujungnya runcing
  • Setelah acara memancing…cuci mata kail segera mungkin agar tidak berkarat or bisa terjadi pemuaian
  • dr bajanya
  • Penempatan mata rangkaian mata kail di jadi satu dengan menempatkannya di wadah yg
  • lembut…seperti gabus, busa dll…agar kenur-nya tidak cepat ketas/putus and kenur tidak keriting…

Tips dasar seorang pemancing (dlm segi tehnik):

  • Dasar dari ikan mas adalah cenderung makan yg beraroma amis or aroma harum, kita harus peka akan keadaan ikan mas tersebut…maksudnya ikan yg biasa dikolam tuk lomba biasanya menggunakan umpan amis or beraroma wangi???cari info…ini adalah langkah awal yg harus diketahui tuk seorang pemancing apalagi yg masih baru..(yang ingin turun dlm kalangan lomba)
  • Lihat kadaan air…blower…and kondisi alam…misalnya..ikan mas getol banget makan umpan kl udara di waktu panas…dijamin…ikan mas main samber umpan.
  • Siapkan Umpan sedemikian sempurna + pd (percaya diri) ma umpan yg kita buat. usahakan umpan yg kita buat awet sampai menjelang lomba berakhir (ini sering dilupakan pemancing…kl perlu di waktu siang kita rajin ngendusin (yah spt anjing pelacak lah) umpan kita..apakah masih bisa and layak dipakai or dach basi??)
  • Usahakan kita jeli arah ikan sedang berkumpul…waktu di blower…atau umpan bom waktu kita melepaskan umpan…(yg lebih baik lagi…lihat rembesan di air…bila ada gelembung2 kecil dan membentuk bulatan…cobalah umpan kita letakan disana…tp jng sampai ikan kabur..perlahan2 dan tinggalkan umpan pasti umpan kita akan disambarnya).

 Karena karakter Ikan Mas makan umpan dg gaya nungging maka mata kail beserta umpannya pun diletakkan agak menyentuh dasar kolam.

Kenur Tanda Umpan dimakan ikan :

• Kenur ngacir2.

• Kenur cuma ngendor.

• Kenur cuma gerak ndut2an.

• Kenur gak ada pergerakan tapi pas mau ganti umpan ada ikannya (makan tidur).

• Kenur menegang.
A. Aroma Umpan

Ikan lebih menyukai aroma/wangi seperti apa? Untuk ikan mas… ada tiga macam jenis umpan:   Umpan wagi, Umpan amis, dan Umpan amis wangi. Tujuan mencampur beberapa essen dalam umpan..  apakah untuk menciptakan aroma/ Wangi baru?? Essen hanya membantu agar umpan menjadi beraroma. Essen bukan menciptakan aroma “baru”, kita hanya memilih aroma apa yang ikan sukai.

B. Rasa Umpan:

Rasa apa yg lebih disukai oleh ikan?? Ikan tidak mencicipi rasa tapi mengenal aroma (beberapa jenis ikan tidak punya lidah jadi tidak akan tahu rasa: ikan mas jenis ikan yg tidak punya lidah). Untuk mendekteksi umpan, ikan menggunakan 3 indra.

  • Indra penciuman untuk mencari bau/aroma umpan.
  • Indra penglihatan untuk mencari mangsa.
  • Indra sensorik untuk mencari keberadaan umpan (mangsa sakit, ketakutan, smaput, kejet2, atau
  • mpan olahan).

Tujuan penambahan ‘sasa & royco ‘ pada umpan??? ( sebagian ada yg pake ) Ini bukan ke arah rasa tapi kearah aroma… aroma kaldu yg di hasilkan bumbu penyedap adalah faktor  pertama.

Tujuan pencampuran dari berbagai macam bahan umpan?? Mancing ikan mas adalah mancing yg paling ribet dan pemancing biasanya berusaha untuk berkreasi untuk mendapatkan umpan yg paling Josss.

Tujuan adalah mencari umpan yg paling di sukai ikan.

Apakah dalam membuat umpan hanya bertumpu pada ” Aroma & Rasa “?? Sekali lagi… umpan ikan tidak berdasar rasa tapi berdasar aroma. Membuat umpan bisa di lakukan dengan bertumpu dari cara ikan mencari makan… Coba perhatikan 3 indra yg dijabarkan di atas.

Untuk umpan ikan kolam/freshwater ada 3 jenis umpan…:

● Umpan hidup (livebait): cacing, ulat, serangga, cicak, laba2, orong2, undur2, laron, bilatung dll

● Umpan Bohongan/Mainan (lure): minnow, spinner, minipopper, spoon, softplastic, dll.

● Umpan Olahan: Pelet, Aci, Ongol-ongol, Cendil, Roti, dll.

Mengukus, setelah selesai buka umpan yang dikukus & biarkan umpan dingin agar uapnya menguap.karena bila mengandung air umpan akan cepat basi.Katulampa, harus dikukus bareng agar tidak menghilangkan rasa umpan/merusak selera makan ikan.Santan/Kara, rebus sampai berbentuk pasta (mengeluarkan minyak lalu didinginkan) baru dicampurkan dengan adonan umpan.Umpan sudah jadi, rajin-rajinlah menutup umpannya.Pengeras, usahakan beraroma yang netral agar rasa umpan terjaga.  Kroto, ambil putihnya saja. Bisa diseduh 15 mnt atau kukus ± 10-15 mnt untuk menhindari basi. Kuning Telur, aduk/mixer sampai rata/halus baru dicampur dengan adonan/bahan lainnya. Daging, rebus segala bahan berbahan dasar daging ikan dengan ½ matang. Ikan Baru/Masih Utuh, tambahan umpannya : Ubi jalar rebus/Santan Kelapa. Ikan Hasil Pembesaran Air Deras, tambahan umpannya : Pelet Super.  Ikan Sakit/Kenyang/Bekas Terkail, tambahan umpannya : Kuning telur rebus/Tepung Cacing kering. Cairkan dahulu untuk bahan : Keju, Roombutter Weisdjmans, Susu (bubuk).

 Bahan dasar umbi2an :

Semua jenis umbi2an pada dasarnya hanya sebagai bahan pembentukan umpan and warna umpan…tergantung kita membuat umpan dng warna umpan tsb…umpan putih or kuning bias dihasilkan dr pemakaian bahan dasar umbi2an, seperti :

- Kentang

- Singkong

- Talas

- Ubi putih

Warna dasar jenis umbi2an diatas itu membentuk warna dasar umpan menjadi putih, sedangkan warna kuning bisa dihasilkan dari bahan dasar :

- Jagung

- Ubi kuning

Bahan dasar pembentukan aroma :

Setelah kita menentukan warna bahan dasar diatas…kita juga dituntut tuk menambahkan bahan2 dasar pembentukan aroma, bias di hasilkan dari :

- Telur

- Keju padat

- Susu dancow

- Kara

- Wajsmen

- Daun Pandan / Vanilla

- Ikan Laut / Deho

1. Telur ayam negeri / kampung / bebek

Pemakaian telur, karakter telur disini bisa menghasilkan 2 (dua) karakter, yaitu putih telur and kuning telur..putih telur berguna bembentuk aroma tuk umpan amis and wangi sedangkan tuk kuning telur sebagai pembentukan umpan wangi saja..!!  selain telur sebagai pembentuk aroma di umpan…fungsi telur disini adalah sebagai perekat umpan supaya umpan yang akan kita hasilkan nanti menjadi lebih rekat and menyatu dng campuran bahan2 lain. Tuk pemakaian telur, pemancing sering mempergunakan telur bebek or telur ayam kampung sebagai media pembentukan aroma…dikarenakan amiz yang terkandung dlm telur bebek/kampung sangat lekat sekali berbeda dng telur ayam negeri…kepekatannya kurang sekali.

2. Keju Padat

Bahan dasar ini bisa dibilang merupakan kunci dr pembuatan umpan jitu, dikarenakan penggunaan keju akan membentuk karakter aroma umpa (bila dikukus) akan menghasilkan aroma umpan menjadi wangi and aroma wangi umpan sangat disukai oleh ikan mas. Pemilihan Keju padat bisa kita lihat di depan kemasannya…jenisnya ada 2 (dua) yaitu Sald (asin) or Unsald (tidak asin). Keju Unsald sering di jadikan acuan pemilihan keju dikarenakan rasa kejunya hambar  and tanpa ada rasanya (netral) hanya aromanya saja.

 3. Susu Dancow

Susu bisa dibilang hanya sebagai penambah aroma saja dikarenakan fungsi susu disini adalah penambah protein yg akan dikandung dlm umpan yang akan kita buat. Selain itu fungsi susu disini juga membuat umpan menjadi wangi..!!

4. Kara

Perasan Santan or kara berguna tuk membuat umpan lebih harum saja…tetapi sering pemacing jarang menggunakan kara sebagai media pencampuran umpan dikarenakan takut umpan menjadi basi dll…ibarat kata kara hanya sebagai pelengkap saja.

5. Wajsmen

Wajsman adalah sejenis blueband yang fungsinya adalah membentuk aroma wangi and perekat tuk umpan yang akan kita buat. Didalam pemakaian Wasjman ini, pemacing sangat riskan sekali menggunakannya..dikarenakan pemakaian wasjman  kan membentuk umpan menjadi lembek and mengandung banyak minyak.

6. Terigu or Tepung Beras Rosebrand

Fungsi terigu or tepung beras Rosebrand adalah hanya sebagai penambah volume /  isi umpan yg akan kita buat..selain itu terigu dipakai hanya sebagai pelengkap ramuan umpan saja…bias juga terigu digunakan untuk merekatkan umpan dng penambahan bahan2 dasar yang lain.

7. Pak’ikin or Jasun

Bahan dasar ini sering kita jumpai di tempat penjualan alat2 pancing…pak’ikin or jasun adalah umpan jadi yg dibuat tuk menambah pembentukan dasar umpan. Seperti Pak’ikin…adalah umpan jadi yg dihasilkan dari pembuatan bahan dasar talas yang digunakan banyak pemancing hanya sebagai bahan penambah volume / isi umpan…selain itu pak’ikin bisa membentuk warna umpan..spt pak’ikin lebel biru…warna dasar adalah putih…sedangkan pak’ikin lebel merah…warna dasar  adalah kuning (kebalik gak yah??? Kayaknya sich gak..!!!)

8. Daun Pandan or Vanilla

Daun Pandan or Vanilla disini adalah bahan dasar tuk pembentukan aroma wangi dlm umpan. Bila kita mempergunakan daun pandan…aroma wangi yg dihasilkan di daun pandan akan akan tercium di umpan yg kita buat. Selain itu Vanilla juga bias sebagai pengganti dr daun pandan..fungsi Vanilla disini juga akan menghasilkan umpan menjadi wangi

9. Ikan Laut / Deho

Bila kita menghendaki aroma umpan kita menjadi amiz…pemakaian ikan laut adalah alternatif pertama pembuatan umpan amiz…selain itu pemilihan jenis2 ikan laut haruslah kita ketahui. Bermacam2 ikan laut (spt ikan pisang2an, ikan tongkol, ikan kakap, ikan salmon dll) bisa kita jadikan acuan dlm pembentukan umpan amiz…banyak bereksperimen tuk jenis2 ikan laut…akan menambah pengetahuan kita akan aroma amiz yg terkandung dlm ikan laut tsb. Pemilihan jenis2 ikan laut harus kita siasati…bila kita tidak mau repot…maka acuan tuk umpan amiz bisa kita ganti dng penambahan deho..deho disini adalah daging ikan laut kaleng yg dikemas berupa kalengan. Pemakaian deho yg reltif banyak..akan mempengaruhi umpan yg kita punya jadinya tuk pemakaian deho diharuskan dng mencampurkan sedikit demi sedikit agar umpan yg akan kita hasilkan bisa dimakan ikan mas
Semua penjelasan diatas adalah merupakan gambaran bahan2 dasar pembentukan umpan, pembentukan aroma umpan kita juga tidak terlepas dr tehnik pengkukusannya…pengkukusan yg sering dilakukan oleh pemancing menggunakan media..bisa berupa plastic kiloan and alumunium foil. Ada beberapa perbedaan bila kita mempergunakan media plastic kiloan or alumunium foil dlm mengkukus umpan diantaranya adalah :
Plastik Kiloan

- Sering terjadi kebocoran

- Umpan sering kurang matang

- Selalu membolak-balik

- Sering mengembung

Alumunium Foil

- Jarang terjadi kebocoran

- Umpan akan matang di 2 sisinya

- Tdk prlu dibolak balik umpn sdh matang

- Akan tetap stabil
Dibawah ini adalah beberapa contoh perbedaan umpan wangi or amiz yang sudah dikreasikan dng bahan dasar yang hampir sama.
Umpan Wangi (kuning)

1. Umpan Pak’Ikin label wrn merah (kng)

2. Telur bebek 4 butir (ambil kuningnya)

3. 5 bkl jagung maniz

4. Susu dancow 1 sascet

5. Keju ¼ potong

6. Kroto 3 ons

7. 2 helai Daun pandan/vanilla

8. Alumunium foil

Umpan Amiz (putih)

1. Umpan pak’ikin label warna biru (pth)

2. Telur bebek 4 butir (ambil putihnya)

3. 3 buah kentang bundar

4. Susu dancow 1 sascet

5. Keju ¼ potong

6. Kroto 3 ons

7. Ikan pisang2an 4 ptng / deho

8. Alumunium foil

Tuk Umpan Wangi : Caranya :

Jagung maniz di parut…peras airnya…masukan ke alumunium foil…kukus selama 5 menit…angkat and didinginkan…siapkan baskom…pak’ikin label warna merah (kuning) masukan ke baskom…tambahkan jagung kukus…tambahkan dng 4 btr telur bebek (kuningnya) + 1 sascet dancow + parutan ¼ keju..aduk sampai merata…bila mau mengkukus umpan…tambahkan 2 helai daun pandan / vanilla bubuk secukupnya…panaskan 3 ons kroto…angkat and campurkan kroto rebus ke dalam adonan tadi…kukus dengan waktu 1 jam..angkat and diamkan dlm alumunium foil…!!! Bila mau mancreng…umpan ditambahkan dng indomie blender…maka umpan wangi bisa kita gunakan dlm acara mancreng.

Tuk Umpan Amiz : Caranya : kentang kita kukus sampai matang…dinginkan..ambil daging kentang yg berwarna putih…masukan ke blender and blender….hingga membentuk pasta kentang (warna putih)…siapkan alumunium foil…ikan pisang2an kita kukus sampai matang…bila sudah matang…ambil daging putihnya saja…blender kasar saja…!!! Siapkan baskom…masukan umpan pak ikin label warna biru (umpan jadi warna putih) tambahkan pasta kentang + 4 telur bebek (putihnya saja)+ dancow sascet 1 + parutan keju + blenderan daging pisang2an…!!! Tuk yg menggunakan deho…ambil deho..buang minyaknya…blender daging deho…bisa langsung dicampurkan di umpan..!! Umpan di kukus di aluminum foil selama 1 jam.. angkat and diamkan dlm alumunium foil…!!! Bila mau mancreng…umpan ditambahkan dng indomie blender…maka umpan wangi bisa kita gunakan dlm acara mancreng.
Dilihat dr contoh umpan wangi and umpan amiz diatas..terdapat perbedaan antara bahan dasar pembentukan umpan antara umpan wangi and umpan amiz…juga pemakaian 4 butir telur (gak ada yg sisa kecuali cangkangnya doank wakaak)..!!! tehnik pengkukusan sama…semuanya.
Umpan wangi : berpengaruh thp warna air hijau di kolam..!!!

Umpan amiz : berpengaruh thp warna air coklat / hijau di kolam…!!
Tips :

-      Dalam pemilihan bahan2 dasar spt uraian diatas…

-      tuk penggunaan umpan wangi..prioritas utama umpan adalah ikan mas super / babon

-      tuk pemilihan keju and takaran keju…pergunakan keju yg kualitas baik..takaran keju jng terlalu banyak

-      Tuk pemakaian deho..diharapkan jng langsung di campurkan kedalam umpan…usahakan deho melalui proses pengkukusan dahulu. Jikalau deho langsung dipakai di umpan (deho mentah)…ketahanan umpan tidak terlalu lama alis umpan akan hambar and ikan tak mau makan.

-      Tuk menyiasati kolam yg penuh dng sisa umpan di dasar kolam..sehingga air kolam berwarna hijau…ikan sering ngak mau makan / ikan suka ngeblok / ikan makan umpan lambat…ambil 1 siung bawang putih…goreng…and tumbuk…tumbukan bawang putih di campurkan di umpan (sisihkan sedikit umpan jng di aduk menjadi satu di baskom)..ini merupakan tips tuk menambah wangi umpan tuk ikan yg airnya hijau and banyak sisa umpan di dasar kolam..!!

25 thoughts on “Trik mancing ikan tombro

  1. to mas joko:
    ada sedikit cerita dari teman saya nih…pelet di haluskan kemudian di campur dengan sagu lalu godog, kemudian di tambahkan essence melati
    moga bermanfaat..

  2. Tlng tanya donk campuran umpan wangi yg beraroma durian itu terdiri dari apa saja utk campuran esence nya..?soalnya ak pake aroma durian sering dpt cuma kurang ganas disambar ikan..trmksh.salam kenal ya.

    • untuk esence belum pernah coba maaf ya, tapi kalo untuk umpan yang biasa buat langsung pake durian pernah coba pake dulu..bahannya ikin satu ato dua bungkus yang masih baru terus campur dengan daging durian kalo ga salah kasih esence durian juga cuma dikit banget cuma buat nambah wangi doang tapi kalo ga pake juga ga apa2 soalnya udah wangi juga terus kukus…tapi kalo langsung esence belum pernah coba

  3. 1. Umpan Pak’Ikin label wrn
    merah (kng) 2. Telur bebek 4 butir (ambil
    kuningnya) 3. 5 bkl jagung maniz 4. Susu dancow 1 sascet 5. Keju ¼ potong 6. Kroto 3 ons 7. 2 helai Daun pandan/vanilla 8. Alumunium foil

    mas kalau pengen jadi umpan putih yg di ganti apanya kalau tambah biang susu atau wisjman sbrp takaranya?

  4. Pemakaian deho yang baik adalah langsung dicampur dikarenakan kalo memakai deho dadakan akan membuat umpan akan kalah baunya dengan bahan,dan juga pemakaian sasa sangat lah penting karena ikan mencium tetapi kalau umpan kita tidak gurih ikan tersebut hanya memakannya sekilas jadi terlihat ikan seperti nabrak,tetapi itu ikan makan tetapi tidak dilanjutkan pada saat umpan belum dikukus kita mesti merasakannya terlebih dahulu…bukannya sok tau tapi saaya sudah membuktikannya diempang empang besar spt 74 mohon maaf kalo ada salah kata..SALAM GENTAK

  5. Saya juga sangat menyukai artikel inisangat membantu saya dalam$ melihat ikan dikolam,salam neter ahahahahahha

  6. mas tlong diposting…umpan untuk ikan mas yg sering terpancing,bukan ikan kolam galatama,tp kolam harian..yg menrima ikan balik,/gak di bawa pulang,soalnya…kolam ini ikannya gk pd naik bnyak sekali sktr seratusan ikan,pdhl luas kolam cuma ukuran 6*12 meter.aku di daerah jogja tepatnya wonosari gunungkidul.terimakasih utk sharingnya

    • untuk harian mang rada-rada gimana mgitu hehehhe…
      tergantung banyak hal mas kalo yang saya tau
      paling sering sih..saya liat dulu yang mancing di situ kira-kira pake apa neternya
      kemudian saya racik kembali,cobain kalo ada kekurangan yang tambahin kira-kiranya enaknya kaya gimana
      kalo saya biasanya dengan kolam yang rada ijo airnya
      pakan ikan yang bentuk pelet,ikan cue salem,telor asin kuningnya,keju kalo ada dicampur terus di kukus
      kalo lembek tambah mie yang di blender halus pas mancing cocol kroto…itu di tempat saya mungkin kalo di tempat mas berbeda
      mudah-mudahan membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s